Sufyan As Sauri, Tokoh Sufi yang Satu ini Berani Mengkritik Penguasa yang Hidup Dalam Gelimang Kemewahan Dunia

- Jumat, 25 November 2022 | 20:56 WIB
Sufyan As Sauri, Tokoh Sufi yang Satu ini Berani Mengkritik Penguasa yang Hidup Dalam Gelimang Kemewahan Dunia (pexels.com/Amine M'siouri)
Sufyan As Sauri, Tokoh Sufi yang Satu ini Berani Mengkritik Penguasa yang Hidup Dalam Gelimang Kemewahan Dunia (pexels.com/Amine M'siouri)

SUDAHBACA.COM--Sufyan as Sauri, nama lengkapnya adalah Abu Abdullah Sufyan bin Sa'id bin Masruq as Sauri al-Kufi. Dia dilahirkan di Kufah pada tahun 97 H./715 M., dan meninggal dunia di Basrah pada tahun 161 H./778 M.

Sufyan as Sauri adalah seorang tabi'in pilihan dan seorang zahid yang jarang ada tandingannya; bahkan merupakan seorang ulama hadits yang termasyhur, sehingga di dalam diriwayatkan hadits, dia diberi gelar amiral-mu'minin di dalam hal hadits.

Sufyan as Sauri adalah salah seorang ulama mujtahidin. Menurut riwayat, Abu Al-Qasim Al-Junaid adalah salah seorang pengikut beliau.

Mula-mula Sufyan as-Sauri mendapatkan ilmu dari bapaknya sendiri, kemudian dia berguru kepada sejumlah orang pandai di masanya, sehingga dia menjadi seorang ahli dalam bidang hadits dan teologi.

Baca Juga: Mutiara Al Hikam 131 : Hubungan antara Pengabulan dengan Kehinaan dan Kebutuhan

Pada tahun 158 H./715 M. Dia menantang beberapa pejabat pemerintahan, akibatnya kehidupannya terancam dan dia menyembunyikan diri di Kota Mekkah.

Dia menjalani kehidupan kesufian dengan disiplin yang tepat sehingga para sufi menyebutnya sebagai seorang manusia suci.

Sufyan bin Uyainah pernah berkomentar: "saya tidak pernah menemukan seorang ulama yang lebih mengetahui tentang halal dan haram selain Sufyan as Sauri."

Diantara para ulama mengatakan: "Umar Bin Khattab adalah panutan dari umat, sesudahnya Abdullah bin Abbas, lalu al-Sya'bi, kemudian muncul Sufyan as Sauri.

Baca Juga: Mutiara Al Hikam 141 : Segala Sesuatu Tidak Ada, Allahlah yang Menjadikannya Ada

Halaman:

Editor: Yudi Rachman

Sumber: Buku Tokoh-tokoh Sufi Juni 2000

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X