Breaking News: Update Gempa Cianjur, 17 Jenazah Kembali Ditemukan!

- Jumat, 25 November 2022 | 18:05 WIB
Konfrensi Pers Kepala BNPB di pendopo Kabupaten Cianjur (Tangkapan layar Zoom)
Konfrensi Pers Kepala BNPB di pendopo Kabupaten Cianjur (Tangkapan layar Zoom)

SUDAHBACA.COM Hari ini tim SAR kembali menemukan 17 jenazah yang tertimbun tanah akibat gempa Cianjur yang terjadi 21 November 2022. Tim melakukan pencarian dengan cara manual mengingat kondisi tanah yang gembur sehingga tidak memungkinkan menggunakan alat-alat berat yang berpotensi membayakan tim.

Demikian disampaikan oleh Kepala BNPB, Letjen Suharyanto pada saat konfrensi pers di Pendopo Kabupaten Cianjur, Jumat 25 November 2022.

Pencarian dimulai pagi ini mulai pukul 05.30 WIB. Tim SAR fokus ke beberapa titik yang sudah dipetakan sebelumnya sehingga potensi untuk menemukan korban menjadi besar.

Baca Juga: Piala Dunia 2022: Pertandingan Hari ini 25 November 2022

Hingga Jumat, 25 November, BNPB tidak mengurangi intensitas, semangat maupun perhatian dalam melakukan pencarian. Pencarian terhadap korban tetap akan dilakukan hingga orang terakhir ditemukan. " Keselamatan rakyat menjadi hukum tertinggi hingga semua korban ditemukan" ujar Kepala BNPB.

Hingga hari ke-4 gempa Cianjur dikabarkan jumlah korban tewas bertambah menjadi 310 orang. 24 orang diantaranya belum ditemukan. Sementara data bangunan yang rusak diantaranya sekolah ada 363, 144 tempat ibadah, 3 fasilitas kesehatan dan 16 unit kantor.

Terkait distribusi logistik, saat ini BPNB sudah memperbolehkan jika ada unsur masyarakat ingin menyalurkan bantuan secara langsung. Masyarakat dihimbau untuk berkordinasi agar dapat diberikan pengawalan dari pihak kepolisian.

Hal ini bertujuan untuk menghindari adanya penghadangan yang mungkin terjadi di sepanjang jalan menuju titik pengungsian.

Baca Juga: Donasi Untuk Gempa Cianjur 2022

Saat ini ada 110 titik pengungsian dengan jumlah pengungsi 16.645 KK dengan total populasi sebanyak 36.450 orang.

Halaman:

Editor: Zainal Muttaqin Afandi

Sumber: BNPB, Liputan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X